Cara Menginvestigasi Email Pada Gmail

Cara Menginvestigasi Email Pada Gmail

Cara Menginvestigasi Email Pada Gmail

merupakan tips yang akan saya bagi bagaimana mendeteksi keaslian email yang masuk. email yang masuk ke inbox kita terkadang berasal dari alamat yang mungkin menurut kita mencurigakan. entah harus percaya atau tidak terhadap keaslian email. jadi menginvestigasi email tersebut merupakan langkah baik. Selanjutnya saya akan memberikan langkah langkah untuk menginvestigasi keaslian dari suatu email. investigasi ini akurat jika pengirim melakukan pengiriman email 2 kali karena minimal investigasi email membutuhkan perbandingan dari hasil 2 email yang akan di cek.
Berikut langkah-langkahnya:
  • Langkah pertama cek email masuk yang pada inbox kita.
  • Kemudian buka email yang ingin diinvestigasi. setelah itu pilih menu panah pada bagian pojok kanan atas lalu pilih tampilkan yang asli seperti pada gambar berikut.
    cara menginvestigasi email pada gmail

    Kemudian tampilan akan seperti di bawah ini:

    cara menginvestigasi email pada gmail

  • Kemudian block semua text tersebut, copy text, dan buka alamat web http://www.ip-adress.com/trace_email/. tampilan website kurang lebihnya seperti ini.
    cara menginvestigasi email pada gmail

  • Kemudian Kemudian paste text yang telah kalian copy pada isi tampilan asli sebelumnya, paste pada kolom yang disediakan website dengan tulisan "to trace email using a header, copy and paste the email header below". kemudian tekan tombol Trace Email Sender. contoh seperti pada gambar berikut.
    cara menginvestigasi email pada gmail

  • Setelah sistem memproses maka akan tampil detail lengkap dari email lengkap dengan ip, lokasi pengiriman, dll. contoh seperti gambar dibawah ini.
    cara menginvestigasi email pada gmail

  • Setelah selesai melakukan investigasi pertama, kita lakukan hal yang sama pada kiriman yang berbeda namun email dari pengirim yang sama. Lakukan cek ip address. Jika email pengirim berasal dari 2 ip yang berbeda kita patut curiga. Namun masih kemungkinan pengirim menggunakan ip address dari beberapa warnet yang berbeda jadi kemungkinan masih kecil. Yang biasa saya bandingkan adalah lokasi dari pengirim. Jika email yang pertama, si pengirim melakukannya dari lokasi, missal Indonesia dan yang selanjutnya pengirim melakukannya dari Negara yang berbeda, missal Australia, maka email patut kita curigai. karena kemungkinan pengirim menggunakan vpn untuk melakukan pengiriman.

"Saya tidak berharap jika tulisan saya ini sempurna, jika memang terdapat salah kata dan ilmu yang saya paparkan harapan saya artikel ini tidak dibantai hehe, agan boleh mengkoreksi di kolom komentar dengan kata kata yang adem :D"

Demikian penjelasan singkat saya tentang cara mengindentifikasi email khusunya pada gmail. hope usefull :D..
Previous
Next Post »