Cara Membuat Sitemap Pada Blog

Cara Membuat Sitemap Pada Blog
kali ini saya akan membahasan bagaimana

cara membuat sitemap pada blog

. biasanya bagi beberapa orang yang ingin melakukan optimasi SEO, sitemap merupakan salah satu trik untuk mengoptimalkannya. dengan menambahkan halaman sitemap pada website kemudian verifikasi sitemap ke google.
sitemap sendiri merupakan peta situs di dalam website yang biasa digunakan untuk mesin pencari google menjelajahi halaman-halaman yang ada di dalam website.
bagaimana? paham gak? "gak gan". oke-oke saya jelaskan. jadi sitemap dalam sebuah web intinya merupakan daftar halaman-halaman yang ada pada seluruh website itu sendiri. sitemap pada website kalo diumpamakan yaitu seperti sebuah buku dengan daftar isi, website seperti bukunya dan sitemap seperti daftar isinya.
jadi pointnya ketika kita memiliki beberapa daftar artikel yang sudah ter posting, maka sitemap merupakan halaman yang berisi daftar judul-judul dimana tiap-tiap judul berisi link rujukan artikel sesuai judul.

oke cukup pembahasannya, langsung saja saya jelaskan bagaimana cara membuat sitemap. dari penjelasan yang dijabarkan diatas, jadi kita hanya perlu membuat suatu halaman yang berisi masing-masing judul artikel yairu dengan cara masuk ke tampilan dasbor bloger, pilih menu laman, klik tombol laman baru. selanjutnya hanya perlu menuliskan masing-masing judul artikel yang sudah agan-agan terbitkan dengan masing-masing judul memiliki link rujukan yang mengarah ke halaman artikel sesuai judul yang terkait, selesai, titik.

"nah semisal kalo postingan yang dibuat udah terlanjur banyak, berarti harus buat satu-satu dong :/" bisa dibilang begitu. tapi tenang masih ada solusi. dari beberapa refrensi om google terdapat situs yang manjabarkan bagaimana membuatnya secara otomatis, jadi hanya perlu menuliskan code javascript pada halaman sitemap yang akan kita buat, kemudian menuliskan link url blog yang kita punya, alhasil semua link tercantum. hanya saja postingan artikel yang agan-agan terbitkan harus memiliki label.ada yang masih belom paham tetang label? oke yang belum paham apa itu label pada blog dan cara mengsisinya cukup kunjungi Cara Membuat Label Pada Blog.
yang sudah paham dan sudah memiliki label pada tiap-tiap postingan bisa langsung liat langkah-langkah cara membuatnya. berikut caranya.
  • buat halam baru pada menu laman, kemudian klik laman baru.
  • selanjutnya pada bagian atas terdapat tab compose dan html, pilih bagian tab html.
  • lalu copas code javascript dibawah ini.
    <script src="http://yourjavascript.com/18113981113/bukarahasiablog-toc.js">
    </script>
    <script src="http://cara-cara-apa-aja.blogspot.co.id/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
    </script>
    untuk tulisan yang berwarna merah ganti dengan nama blogspot yang agan punya.
  • terakhir terbitkan halaman, dan lihat hasilnya. jika berhasil maka akan tampil daftar label dengan masing-masing label terdapat daftar artikel dan jika di klik salah satu judul maka akan diarahkan ke artikel yang bersangkutan.
jadi link halaman yang sudah agan-agan buat itu tadilah yang menjadi sitemap dari blog yang agan buat. jadi yang ingin menambahkan sitemap ke google bisa gunakan link halaman tersebut. apalagi data sitemap yang disubmit ke google bisa membantu meningkatkan indexs blog yang agan punya.
"Saya tidak berharap jika tulisan saya ini sempurna, jika memang terdapat salah kata dan ilmu yang saya paparkan harapan saya artikel ini tidak dibantai hehe, agan boleh mengkoreksi di kolom komentar dengan kata kata yang adem :D"

oke sekian ocehan saya, hopely usefull and helpfull :D..
Previous
Next Post »