Cara Mengenal Codeigniter (Apa Itu Codeigniter)

Cara Mengenal Codeigniter (Apa Itu Codeigniter)
kali ini saya akan berbagi kepada agan-agan

cara mengenal codeigniter (apa itu codeigniter)

, jadi agan-agan mengenal lebih jauh mengenai codeigniter, saya yang memberitahu cara mengenalkannya hehe :D.

apa itu codeigniter? codeigniter merupakan framework php yang menggunakan model MVC. "apa itu mvc? trus apa lagi itu framework?" oke-oke saya jelasin dari dasar.
untuk penjelasan framework sebenernya agan-agan bisa cari pengertian lengkapnya di google, tapi saya akan jelasin secara singkat untuk yang belum mengerti apa itu framework, framework merupakan rangkaian kerja yang sudah disiapkan jadi kita hanya tinggal menggunakannya saja. jadi jika dikaitkan dengan codeigniter, codeigniter merupakan struktur rangkaian sistem yang memiliki fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class yang sudah dibuat jadi kita hanya perlu menggunakannya tanpa membuatnya dari nol. "tapi kalo dipikir-pikir sama aja kayak pake sistem orang, toh enak buat sendiri dari awal sesuai rangkaian sistem yang kita buat, jadi lebih gampang paham". hehe iya juga, hanya saja codeigniter merupakan framework yang sudah dirangkai sedemikian rupa, dengan fasilitas-fasilitas yang oke punya termasuk security, jadi kalo mw buat dari awal ya monggo. jadi itulah pembahasan singkat mengenai framework.
"trus gan, apa itu MVC?". oke sekarang pembahasan kedua mengenai MVC. model rangkaian framework codeigniter menggunakan model MVC, MVC sendiri merupakan singkatan dari Model View Control, MVC adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). blom ngerti ya gan? hehe, jadi untuk rinciannya kita membuka browser, trus kita request ke situs dengan judul cara mengenal codeigniter kemudian data request diterima oleh controler untuk diproses, kemudian jika diperlukan data yang ditampilkan dari database maka controler akan meminta ke model mengenai data-data tentang cara mengenal codeigniter, selanjutnya data dari model kembali lagi ke controler untuk diproses dan dilanjutkan ke view untuk ditampilkan, terakhir tampilan akan diarahkan ke browser untuk dilihat. kebayang gak gan? semoga kebayang hehe. jadi nantinya saat bekerja menggunakan codeigniter pastinya akan sering menggunakan tiga folder sesuai nama MVC yaitu folder Model, View, Controller. selain tiga folder tersebut terdapat folder-folder lainnya yang mungkin jarang digunakan.
untuk agan-agan yang ingin langsung menggunakan codeigniter baca Cara Instal/Memasang Framework Codeigniter, untuk mencoba membuat program simpel baca Cara Membuat Program Simpel Dengan Codeigniter.

kesimpulan:
codeigniter merupakan framework php yang berisi folder2, fungsi2, class2 yang sudah dibuat dan model/konsep yang digunakan adalah MVC.

cukup sekian pembahasan panjang lebar saya mengenai cara mengenal framework codeigniter. semoga bermanfaat untuk agan-agan yang sering mendengar tetang codeigniter trus apa kaitannya dengan php.
"Saya tidak berharap jika tulisan saya ini sempurna, jika memang terdapat salah kata dan ilmu yang saya paparkan harapan saya artikel ini tidak dibantai hehe, agan boleh mengkoreksi di kolom komentar dengan kata kata yang adem :D"

hopely usefull adn helpfull :D..
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
December 15, 2015 at 7:12 AM delete

trims atas ilmuny,,sângt membantu sekali

Reply
avatar